Tugas dan Tanggung Jawab Sebagai Pengajar

Pekerjaan sebagai pendidik dan guru tidak semata-mata mengajarkan mata pelajaran seperti yang sudah tercantum di dalam kurikulum saja. Jauh lebih dalam, sebagai pendidik, terselip tanggung jawab yang sangat besar, yaitu membentuk pribadi seorang anak menjadi pribadi yang berbudi luhur dan penyayang, menjadi seorang manusia yang peka dan toleran, serta menjadikan anak dapat santun dalam bersikap dan mengambil keputusan.

Hal tersebut tidak tercantum dalam kurikulum, cara melakukannya pun akan berbeda antara satu pengajar dengan yang lainnya. Cara menyikapinya bahkan berbeda antara satu murid dengan urid lainnya. Hal ini begitu sulit sehingga pepatah mengatakan bahwa guru adalah seorang pahlawan, yang mengentaskan anak dari ketidaktahuan akan dunia.

Menjadi guru adalah tugas yang mulia. Jika Anda ingin menjadi seorang guru dan pengajar di kawasan Bali,

Berikut adalah tugas dan tanggung jawab dari setiap guru pada jenjang apa pun.

  1. Membimbing tiap muridnya untuk mengenal dunia dan masyarakat di dalamnya dengan baik dan benar. Termasuk di dalamnya adalah bagaimana bertutur dan berucap, bagaimana bersikap dan adab sopan santun, bagaimana cara menghormati antar manusia dan toleransi antar agama, bagaimana agar anak dapat bersikap positif dan memiliki rasa kasih sayang, serta berbagai macam hal yang berkaitan dengan menjadikan anak tumbuh menjadi manusia yang tidak hanya berakal, tetapi juga berbudi.
  2. Mengenal karakteristik tiap-tiap murid dan melakukan pendekatan yang tepat. Setiap anak adalah spesial. Mereka memiliki kelebihannya masing-masing. Sehingga, sangat penting bagi guru untuk mengetahui karakter tiap murid yang diajarnya. Dengan mengetahui karakter anak dan kelebihannya, Anda dapat mengarahkan anak dengan baik dan benar. Pada dasarnya, anak terlahir baik, jadi jika seorang guru mampu mengarahkan seorang murid menjadi baik, maka seorang guru tersebut berhasil mendidik muridnya.

Tugas dan tanggung sebagai guru tentunya meliputi tugas mengajar guru pada umumnya yang tidak hanya mengajarkan mata pelajaran, tetapi juga mendidik murid-muridnya. Jika Anda tertantang mendidik calon-calon pemimpin bangsa di masa depan, guru adalah pilihan profesi yang tepat.

Related posts:

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.