Secara Umum Ada Dua Jenis Fumigasi

Secara Umum Ada Dua Jenis Fumigasi
Secara Umum Ada Dua Jenis Fumigasi

Pemakaian dan penyebaran di setiap fumigant itu bergantung dengan tempat – tempat tertentu, hal itu disebabkan karena adanya perbedaan sifat dan juga property dari gas itu. Terdapat 2 jenis fumigasi atau fumigant yang pada umumnya sudah terdaftar dan dipakai di Indonesia, seperti gas methyl bromide dan gas fosfin.

Gas Fosfin

Gas fosfin merupakan jenis fumigasi yang diperoleh dari magnesium fosfida serta aluminium fosfida. Gas fosfin ini merupakan fumigant yang pada umumnya dipakai untuk mengawasi hama produk pangan. Tidak hanya bisa mengobati sereal, biji – bijian, dan tepung yang sudah terkontaminasi dengan hama saja, gas fosfin ini juga merupkan jenis fumigant yang diminati guna untuk mengendalikan serangga atau hama di penyimpanan – penyimpanan daun tembakau seperti halnya lasioderma serricorne atau serangga rokok.

  • Sifat dari gas fosfin

Phospine juga memiliki sifat yang sangat mudah sekali terbakar dan juga meledak jika sudah terjadi kontak dengan air di konsentrasi yang melebihi 1,8 persen volume. Cara fumigasi dengan menggunakan phospine ini memiliki satu kendala seperti pada waktu exposure yang jauh lebih lama minimal dalam waktu 3 x 24 jam.

Methyl Bromida

Methyl bromide ini adalah jenis fumigasi yang memiliki sifat penetrasi secara mendalam serta sifat yang cepat bereaksi dalam membunuh dari gas ini berdasarkan komoditas – komoditas yang sudah memberikan gas ini diutamakan dibandingkan dengan fumigasi – fumigasi yang lainnya pada pelayanan atau jasa karantina sebelum melakukan pengiriman dan berada di bawah pusat pengendalian CUE atau singkatan dari critical use exemption.

  • Sifat dan keunggulan methyl bromide

Methyl bromide tidak mudah terbakar atau bahkan meledak, nah hal tersebut sudah pasti tak beresiko untuk melakukan fumigasi. Tak hanya itu saja methyl bromide ini jauh lebih cepat reaksinya jika dibandingkan dengan phospine, karena hanya mempunyai waktu exposure 1 x 24 jam.

JENIS – JENIS FUMIGASI

Sesungguhnya jenis fumigasi ini ialah sebagai berikut :

  1. Berdasarkan keperluan penangannnya
    • Fumigasi perawatan
    • Fumigasi tindak karantina
  2. Menurut aplikasi pengerjaannya, untuk fumigasi terminix ini dibagi menjadi :
    • Under sheet fumigation
    • Space fumigation
    • Container fumigation
  3. Standar pengerjaan fumigasi terminix

 

Related posts:

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.